Wednesday 5 December 2012

Pidato tentang Polusi Udara

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Yang terhormat Ibu Susiana selaku kepala sekolah di SMP Negeri 2 Jombang, guru-guru, staf TU serta karyawan yang saya hormati, dan tak lupa teman-teman dan adik-adik sekalian yang saya sayangi.
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya lah kita semua dapat berkumpul disini dalam acara "Bergerak menuju Hidup Sehat Tanpa Polusi Udara". Sholawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, seorang yang istimewa disisi Allah SWT. Teladan dan panutan bagi kita yang mencintainya.
Teman-teman sekalian,
kondisi lingkungan hidup disekitar kita sudah sangat memprihatinkan. Tingkat pencemaran yang tinggi mengakibatkan timbulnya banyak penyakit. Bila kita tidak segera mengambil langkah, bisa dipastikan dalam beberapa puluh tahun kedepan bumi akan menjadi tempat yang tidak layak sebagai tempat tinggal manusia. Coba bayangkan bila itu terjadi. Maka, apa yang harus kita lakukan agar dapat menghindari semua itu?
Langkah pertama yang dapat kita ambil adalah dengan melaksanakan reboisasi. Dengan begitu tumbuh-tumbuhan hijau yang telah kita tanam dapat membantu mengurangi polusi udara di sekitar kita. Tapi, apakah itu sudah cukup? Saya rasa belum. Polusi udara tidak hanya disebabkan oleh asap kendaraan yang lalu lalang di sekitar kita, melainkan juga disebabkan oleh sampah yang berkeliaran di lingkungan kita. Marilah kita bersama-sama melihat sekitar. Apakah sampah-sampah itu sudah berada pada tempatnya? Tentu saja belum. Sampah yang sudah dibuang ditempat sampah sebaiknya ditutup. Mengapa demikian? Alasannya karena, agar tidak ada lalat, kecoa, atau hewan-hewan lain yang bisa hinggap disampah. Lalat, kecoa, dan hewan lainnya yang telah hinggap disampah dapat membawa penyakit saat memasuki ruang kelas, kamar mandi, maupun tempat lain. Tentu saja tidak ada diantara kita yang mau terserang penyakit yang timbulnya dari sampah bukan? Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar agar dapat terhindar dari hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mampu menyadarkan kita semua akan pentingnya udara yang kita hirup ini. Saya mohon maaf bila ada yang tidak berkenan dihati, akhir kata
Wassalamu'alaikum Wr, Wb.

2 comments: